Komposer Metal Gear Solid Beberkan Alasan Pemecatan Kojima

kojima production

Saat ini pasti sudah banyak yang tahu bahwa Hideo Kojima dan Konami sudah ‘bercerai’. Kojima Production sudah dibubarkan, dan logonya dihapus dari game yang akan dirilis, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Rika Muranaka, komposer untuk game Metal Gear Solid, yang baru-baru ini tampil dalam interview di The Codec Podcast, Jepang, memberikan pendapat dan sudut pandangnya mengapa Kojima dipecat.

kojima production

Menurutnya, Kojima masih mendapatkan gajinya, namun dia tidak akan mendapatkan bagian dari keuntungan dari penjualan gamenya. Dia mengatakan, konflik internal antara Kojima dan Konami dimulai ketika Kojima terus men-delay proyeknya dan menggunakan budget yang besar untuk membuat game-nya menjadi besar seperti yang Kojima inginkan. Konami tidak senang dengan hal ini, sebab jika Kojima terus menunda penyelesaian proyek gamenya, maka biaya yang dikeluarkan Konami semakin membengkak.

hideo hojima

Muranaka juga mengutarakan pandangannya mengenai Kojima. Menurutnya, Kojima adalah artist yang hebat, namun tidak memiliki jiwa bisnis seperti yang Konami inginkan dari Kojima. Muranaka sendiri bekerja dengan Kojima dalam tiga game pertama Metal Gear Solid, memikirkan soal musik yang akan dibuat sampai akhirnya baru menemukannya di saat-saat terakhir, untuk membuat para fans nya kagum. Game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain akan dirilis pada tanggal 1 September untuk PS3, PS4, Xbox360, dan juga Xbox One. Versi PC akan dirilis pada tanggal 15 September.

Source: ANN

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.