Yoshino Nanjo Jelaskan Mengenai Kondisi Lututnya

yoshino nanjo

Yoshino Nanjo, seiyuu sekaligus penyanyi, memberikan informasi lebih lanjut mengenai kondisi lututnya. Seiyuu dan penyanyi yang akrab dipanggil Nanjolno tersebut memang sempat absen dalam beberapa konser akibat kondisi lututnya. Tidak ingin membuat para fans khawatir, Nanjolno memberikan keterangan resmi di blognya, tanggal 31 Agustus 2015 kemarin.

“Ini tentang lutut saya.

Secara pribadi saya tidak ingin merahasiakannya. Banyak yang khawatir dan bertanya-tanya mengapa saya tidak lagi tampil di stage. Tidak ingin ada rumor aneh yang beredar, saya akan memberikan keterangan lengkap mengenai hal tersebut.

Diagnosis dari lutut saya adalah “Partially dislocated kneecap, torn meniscus”. Sederhananya, tempurung lutut saya tidak berada pada tempatnya dan membuat meniscus saya cedera. (Meniscus sendiri adalah bantalan sendi lutut pemisah antara tulang paha dan tulang kering, yang berfungsi sebagai penahan benturan yang sebagian besar disebabkan karena olah raga).

Beberapa waktu yang lalu. Lutut saya terasa sangat sakit. Saya pergi ke rumah sakit dan mereka mengatakan bahwa saya mengalami cedera meniscus. Dari situ, mereka memberikan saya obat penahan rasa sakit, dan mereka menanyakan kapan saya bisa melakukan operasi.

Ketika saya kembali, mereka menyuruh saya untuk pergi ke rumah sakit yang lebih besar. Dari saya, mereka mengetahui sumber dari cedera meniscus ini.

Cedera ini berasal dari “partially dislocated kneecap”. Dan yang lebih bermasalah adalah, ini diturunkan dari genetik dan hal ini sudah ada sejak saya lahir. 

Saya bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal (ketika dipikir lagi, ada saat di mana lutut saya terasa sangat sakit). Saya merasa bahwa lutut saya agak aneh. Tanpa disadari, situasinya tiba-tiba saja memburuk.

Singkatnya, situasi tersebut sudah ada sejak saya lahir. Dengan lompatan dan tarian yang terus saya lakukan, tempurung lutut dan meniscus berbenturan satu sama lain, dan hal itu yang menyebabkan rasa sakit ini muncul. Ketika diperiksa dengan x-ray, terlihat bahwa tulang saya juga sudah terkena.

Karena saya lahir dengan kondisi tersebut, walaupun saya melakukan operasi, lutut ini tidak akan sepenuhnya pulih.

Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi lagi, saya harus melakukan perubahan terhadap hal yang saya lakukan sekarang. Saya hanya bisa melakukan kegiatan yang tidak menganggu lutut saya. Tentu saja hal ini memerlukan banyak waktu dan niat. Intinya, saya perlu membangun otot pinggang dan pergelangan kaki saya untuk men-support lutut saya.

Agar lutut saya tidak sakit dan cedera lagi, saya mulai berkonsultasi dengan pusat rehabilitasi untuk mengetahui latihan apa yang bisa saya lakukan. Semua ini mulai terasa seperti rehabilitasi sungguhan.

Saya sudah menceritakan kondisi saya ini ke berbagai tempat yang berhubungan dengan pekerjaan saya. Untuk semua orang yang khawatir, maaf karena sudah membuat hal itu terjadi. Terutama untuk NBC-san yang telah mengajari saya apa yang harus dilakukan di stage dan juga untuk pembuat kostum. Terimakasih banyak karena telah mendukung saya, kalian semua sangat baik.

Itu semua yang ingin saya sampaikan. Intinya, ini bukan sesuatu yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Jika saya terus memaksa diri saya lebih keras, maka cederanya akan semakin parah dan lambat laun akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari saya di masa depan.

Saya harus menyerah untuk berdiri di atas panggung di mana saya ingin berdiri, dan saya tidak bisa bergerak seperti yang saya inginkan, namun saya akan menahan semua rasa sakit dan frustasi ini. Saat ini, saya sedang berusaha keras untuk bisa kembali lagi.

Secepat mungkin saya akan bertemu dengan kalian semua di panggung lagi, karena saya masih punya jadwal live performance. saya ingin bersenang-senang dengan kalian semua di sana bersama-sama. Saya akan berusaha keras setiap harinya.

Sedikit demi sedikit, saya akan bisa bergerak di panggung lagi… dan ketika saya memikirkannya, saya akan berusaha untuk pergi ke rumah sakit secara rutin, dan selama kalian terus memperhatikan saya, maka saya akan sangat senang.

Saya tidak berada dalam kondisi di mana saya cedera sampai tidak bisa melangkah satu kali pun, jadi jangan khawatir. Meskipun dalam pertunjukan live, saya tidak bisa berlari dan melompat.

Meskipun saya tidak bisa ikut berlari dan melompat, namun jika saya melakukannya, saya akan memberikan yang terbaik, jadi mari datang melihat penampilan saya.

Solo konser saya dan fripSide tour akan segera dimulai, dan saya sangat menantikannya. 

Meskipun lutut saya sedang cedera, namun kondisi suara saya, tidak diragukan lagi, berada dalam kondisi yang sempurna.

Itu saja situasi saya yang bisa dilaporkan. Sampai bertemu kembali~”

Nanjolno sendiri tidak lama lagi akan datang ke Indonesia, sebagai bagian dari fripSide dan Anime Festival Asia Indonesia 2015. Jadi, berikan dukungan untuk Nanjolno agar kondisinya bisa cepat membaik. Semoga cepat sembuh ya, Nanjolno.

Source: Yoshino Nanjo official blogSeiyuuri

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.