Beginilah Detail Rahasia Kesuksesan dari Pengarang The Perfect Insider!

subete

Di buku terbarunya, Sakka no Shuushi, penulis dari novel best-seller Subete ga F ni Naru dan Sky Crawlers, Hiroshi Mori, menjelaskan tentang kesuksesannya selama ini.  Ternyata, rahasianya ada di dalam royalti, yang dapat dikembangkan jika pengarang tersebut aktif dalam mempromosikan karyanya.

Royalti dari novel pertama Mori (Perfect Insider) berjumlah 61 juta yen, untuk penjualan 780,000 kopi sejak tahun diterbitkannya, 1996. Ini ‘hanya’ berupa 5% dari total royalti dari seluruh hasil karyanya, yang berjumlah 1.2 milyar yen. Jumlah ini belum menghitung e-book karena kesulitan untuk menghitung royalti dari media tersebut.

Namun, royalti ternyata tidak berakhir dari buku saja. Hasil royalti dari TV Dorama The Perfect Insider berjumlah 5 juta yen (500 ribu yen per jam penayangan). Versi Pachinko dari The Sky Crawlers akan dapat meraup 5 juta yen lagi (walau akhirnya tidak jadi). Bahkan, kutipan dari novel An Automaton in Long Sleep akan memberikan 5 juta yen lagi jika jadi. Novel tersebut juga disponsor oleh Coca-Cola sebesar 18.2 juta yen (10 juta untuk script dan 8.2 juta untuk publikasi).

Ternyata, iklan di cover LN yang biasa sering kita lihat juga dapat memberikan pengarangnya 100 ribu yen, dengan tambahan hampir 30 ribu yen untuk iklan dalam bentuk obi. Belum lagi biaya tambahan royalti jika novel tersebut dipakai di dalam referensi komersial, seperti buku cetak sekolah atau panduan guru.

Selain itu, Mori memiliki strategi sendiri untuk menaikan pendapatannya. Pada halaman belakang dari The Perfect Insider, Mori selalu memasukkan 4 judul lain dari bukunya sebagai iklan, dikarenakan penjualan buku tersebut berarti lebih banyak royalti untuknya. Dan jangan heran jika LN sering terdapat cerita cinta yang muncul agar pembaca yang penasaran akan membeli sequelnya. Mori sendiri juga aktif mengurus blog nya dan rutin mengupdate blog tersebut dengan progress dari LN nya, serta membalas fan e-mail nya sendiri loh! Di saat beberapa author menyerahkan negosiasi kepada manager mereka, Mori aktif ikut serta dalam negosiasi nya sendiri, untuk memberikan influence yang dapat berpengaruh kepada total royalti yang didapat.

Sekarang, seorang Hiroshi Mori dapat berkata, “Saya telah memiliki uang yang cukup, jadi saya akna mencoba menulis buku yang saya sangat ingin menulis.” Jadi penasaran, seperti apa bukunya yang terbaru ya? Dan ternyata, seorang pengarang juga harus aktif terlibat dalam mengurus royalti!

Sumber: ANN

Comments

comments

Related Post

Ear flaps, wind and the rain