[GUIDE] Ulasan Lengkap Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Akihabara!

akihabara

Kalian pasti sering mendengar tentang Akihabara ataung yang biasa disingkat Akiba, yang merupakan pusat elektronik dan hal-hal yang berkaitan dengan anime di Jepang. Kebetulan pada bulan Desember tahun 2015 kemarin saya berkunjung ke sana.  Akihabara itu bisa dibilang sebagai pusat dari kebudayaan otaku di Tokyo, walau saya sendiri menyebutnya “City of Chaos”, kenapa? Kamu bisa menemui hal-hal menarik di sini, mulai dari harga model kit yg miring, figure dengan harga yang  juga miring, maid cafe, arcade game, crane machine, orang cosplay (meski yang ini cukup jarang), kasir dengan baju Saber armor (saya juga baru pertama kali menemukannya), orang cosplay Mario sambil naik mario kart, hingga minuman bergambar karakter anime. Jika kamu ingin berkunjung ke Akihabara ataupun hanya sekedar ingin tahu suasana Akihabara yang terkenal itu, bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui toko mana saja yang bisa kamu kunjungi di Akihabara untuk mencari merchandise anime.

Ini hal pertama yang kamu lihat ketika keluar dr stasiun Akiba, sayangnya saya datang terlalu awal. Di AKB48 cafe sepertinya ada show pada hari2 tertentu, sama seperti dengan Theater JKT48 yg ada di Indonesia. Saya sempat melihat ada antrian panjang di depannya ketika sore hari. Di Gundam Cafe yang terletak di sebelah AKB48 cafe, kamu bisa member merchandise Gundam, dan juga makan kue berbentuk MS Gundam. Stab and destroy it, boom!!!. Di sini kamu harus coba cek toiletnya, yang terlihat keren banget atau tepatnya norak banget. Kalo kamu masuk, akan terdengar BGM Gundamnya. Toilet untuk pria isinya RX-78-2 Gundam, konon katanya yang cewe itu isinya Zaku, maaf maklum saya bukan cewe jadi belum perna masuk untuk memastikan kebenarannya. Kebanyakan toko di Akiba buka jam 11 dan mulai tutup jam 7 malam, walau beberapa ada yg masih buka hingga jam 9 malam. Next, jika kamu berjalan lurus terus kamu akan menemukan tangga jalan dan menemukan tempat ini.

Iya, ini adalah tempat yg sama di mana Honoka Kosaka dari Love Live! terinspirasi untuk membuat School Idol Group, dan jalan besar tempat mereka konser di movie terakhir itu adalah Akiba.  Di sebelah kiri dr tempat ini kamu akan melihat gedung Sofmap, turun dan berjalanlah ke arah gedung Sofmap.

Sofmap merupakan salah satu toko favorit saya.  Jika kamu lihat sekilas seperti toko elektronik biasa, tapi sebenarnya mereka menjual barang-barang anime juga seperti Gunpla, figure, game, dan DVD anime di lantai teratas. Harga Gundam di Sofmap termasuk paling baik jika dibandingkan dengan toko lain. Kamu bisa dapat potongan sekitar 30% dari harga normal dalam yen. Untuk harga figure dan game tidak berbeda jauh dengan toko lainnya, tapi mereka banyak menjual figure yang baru dirilis. Yang saya suka dari Sofmap adalah mereka menjual headphone dan kamu bisa bebas mencoba colok audio playermu dan tes headphonenya. Saya hanya bisa pasang muka tebal ketika mencoba headphone 80ribu yen selama 1/2 jam di sana.  Selain itu Sofmap juga menyediakan tax free 8% untuk pembelian di atas 10ribu yen dengan menunjukkan passport, walau prosesnya membutuhkan sekitar 10 menit ketika pembayaran. Sofmap yang ini merupakan Sofmap terbesar dan terletak di tengah-tengah jalan utama Akiba.

DSCF3469

Di seberang juga terdapat Sofmap lain, di sana menjual figure second , galge [hentai game] dan JAV. Bagi kamu yang membawa anak-anak atau pacar cewe, jangan khawatir, sebelum sampai ke bagian JAV, kamu akan melewati bagian adult game dulu (di atas lantai figure dan gunpla), sehingga kamu tau apa yg akan kamu hadapi di lantai berikutnya.

Pertama Kita akan berjalan ke arah kiri terlebih dahulu. Di mana kamu bisa melihat rel kereta dan gedung SEGA yang merupakan trademark Akiba

Jika kamu arcade gamer, kamu harus coba masuk setiap gedung SEGA. Di Akiba ada 4 gedung SEGA yg saya tau. Selalin itu mereka juga memiliki banyak crane machine dengan hadiah merchandise anime, dari poster, figure, hingga boneka. Saya sendiri ingin mencoba salah satu arcade gundam yg dimainkan secara tim, demi meneriakkan “Taichou!!!” atau teriakan2 khas Gundam lainnya tp saya urungkan niat tersebut karena takut jadi beban tim.

Jika kamu berjalan lurus terus, maka kamu akan menemukan gedung ini. Di lantai dasar gedung ini terdapat Rental Showcase berupa  kotak kaca untuk orang yang ingin menjual barang miliknya baik baru maupun open. Di sini terdapat berbagai jenis barang, mulai dari kartu, figure, boneka , gunpla, bahkan gunpla yang sudah dicat.  Untuk membelinya, kamu tinggal panggil petugasnya, tunjuk barang yg kamu mau dan bayar. Toko seperti ini banyak sekali di Akiba. Di lantai 1 dan 2 nya terdapat merchandise anime, ada baju Cospa, keychain, poster, wallscroll dan lain-lain. Yang menarik adalah mereka membuat altar khusus untuk satu jenis seri anime dan disusun dengan menarik, sudah seperti meja persembahan. Untuk lantai 3 dan 4 nya terdapat toko figure , dan di sini terdapat contoh figure barang yang belum di rilis, sehingga kamu bisa galau mau pesan atau tidak, walau yg menarik perhatian saya adalah toko Volks yang terletak di lantai 4. Toko ini adalah toko resmi Volks , mereka menjual resin dan juga dollfie untuk kamu yang suka mendadani dolfiemu. Saya sering menyebut tempat ini dengan sebutan gedung Volks. Anyway, di lantai 5 kamu akan menemui toko modelkit Hobby Paradise, yang sesuai namanya, ini memang surga untuk para modeller. Mereka menjual tool, cat dan benda-benda lain yang dibutuhkan modeller, dan bisa dibilang hampir lengkap, semua yg dibutuhkan ada. Di lantai teratas terdapat toko kartu TCG seperti Vanguard, Yu-Gi-Oh!, Buddyfight, dan Magic The Gathering. Kamu juga bisa beli kartu satuan dengan harga yang mungkin miring.

Toko berikutnya terletak di seberangnya, Akihabara Gamers yang memiliki maskot Digi Charat, buat kamu pengggemar anime lama mungkin tau mengenai mereka, bahkan sempat diputar di stasiun TV lokal juga. Di sini kamu bisa menjual komik, majalah, artbook, CD/DVD baik anime maupun musik, wallpaper scroll, game (baik hentai maupun non H), baju, dan aksesoris anime lainnya. Ketika saya datang, di lantai teratas nya sedang ada pameran komik City Hunter. Lantai 1 nya kadang menjual makanan dengan packaging anime,  dulu saya perna melihat mereka menjual makanan kalengan dengan gambar anime.

Di gedung sebelahnya terdapat CardKingdom. Tokonya sendiri terletak di lantai atasnya, jadi kamu naik tangga dulu sekitar 3 lantai. Jalan2-jalan di Akiba bisa bikin kamu sehat karena kamu bisa naik sampe 8 lantai dan tetap merasa kuat, dan kamu bisa melakukan itu di hampir setiap gedung. Seperti yang kamu lihat di foto, toko kartu ini hanya menjual jenis-jenis TCG tertentu. Untuk harga beli satuannya saya bilang harganya cenderung biasa saja, tapi jika kamu beli 1 box  booster, tempat ini memiliki harga yg bagus. Selain itu stocknya datangnya juga cepat dan banyak .

Jika kamu berjalan lurus terus dari arah gedung Sofmap melewati gedung Volks, kamu akan sampai di pojokan, kemudian kamu belok ke kiri, dan kamu akan menemukan Asobitcity (bisa juga dicapai dengan melewati gang sempit di depan CardKingdom kemudian belok kanan). Di sini kamu bisa menemukan merchandise anime dan gunpla. Untuk merchandise animenya, sebenarnya sama seperti toko lainnya untuk jenisnya, tapi karena ini Akiba, apa yang ada di toko yang satu belum tentu ada di toko yang lain. Saya selalu cek hampir semua toko yg ada sekalian cuci mata. Untuk Gundamnya, harganya sebenarnya biasa saja, tp kadang mereka memberikan diskon untuk jenis tertentu, seperti kemarin ketika saya dapat MG Prototype RX-78-2 (Gundam The Origin) dengan harga 3150 yen sebelum pajak, yang anehnya saya tidak melihat gundam ini di Sofmap  ataupun di Hobby Paradise. Sungguh misteri untuk saya. Di lantai teratas ketika saya datang sedang ada Love Live! exhibition di mana semua merchandise Love Live! di pajang.  Sebenarnya Asobitcity ini dulu merupakan salah satu tempat favorit saya, mereka menjual  tool, cat dan part modifikasi Kotobukiya dan Gundam dengan harga yang cukup miring. Tapi tahun in ketika saya datang sepertinya sudah banyak berubah, dulu 1 gedung ini penuh dengan barang anime, sekarang barang animenya dimulai dari lantai 3.

Berikutnya , jika kamu menyeberang  dan melewati gang itu di sana terdapat  toko Cospa, mohon maaf karena saya lupa mengambil fotonya. Tokonya terletak di barisan belakang SEGA. Jangan khawatir kamu pasti bisa menemukannya, terdapat logo Cospa di dinding kacanya. Cospa terkenal menjual banyak aksesories anime terutama baju. Sebenarnya baju-baju ini juga dijual di Asobitcity dan Akihabara Games tapi ada beberapa item yang hanya bisa kamu temui di sini seperti tas dengan model Rensouhou, tas backpack dengan model backpack Gundam RX-78(G), Jaket Earth Federation dan lain-lain. Di bagian bawahnya menjual kartu TCG satuan, dengan harga yg lumayan miring. Untuk kamu yang main Magic The Gathering, kalau kamu takut kehabisan duit, kamu bisa bawa kartu MTG mu dan  menjualnya di lantai 2 , dengan harga yang lumayan untuk extra cash, walau saya lebih suka bawa kartu kredit yang banyak.

Setelah dari Cospa silakan berjalan lurus sampai kamu melihat toko ini  Trader. Di Trader kamu bisa cari macam2 game, mulai dari game jaman PS1 hingga game baru dengan bonus spesial (dan juga hentai game). Uniknya tempat ini, mereka juga jual game second atau used, dengan harga yang tentu saja lebih murah. Selain itu mereka juga menjual DVD bluray anime. Di Akiba terdapat 3 toko Trader yang saya tahu, toko Trader yang lain terletak di jalan utama dan mudah terlihat. Untuk harga console dan lai-lain, kebanyakan hampir sama dengan harga di Indonesia. Kalau kamu naik terus ke atas Trader yang ini, di atasnya ada jual kartu Vanguard baik satuan maupun booster.

Dari Trader kita belok kanan menuju gang ini. Siapkan mental dan muka senyummu karena di sepanjang jalan ini, kamu akan menemui banyak maid yang mencoba mengajakmu masuk ke cafe mereka. Di area ini memang banyak maid cafe, dan dalam kunjungan saya kali ini saya menemukan maid cafe khusus ninja, maid yg memberikan saya brosur berpakaian seperti ninja. Anyway jika kamu lihat di sebelah Aion ada sebuah gang masuk ke sebuah toko. Saya lupa ambil fotonya tapi itu termasuk tempat yang senang saya kunjungi. Toko itu sering menjual barang-barang yang ada di UFO catcher dengan harga murah. Selain itu juga sering menjual boneka, yang saya tidak tau mereka dapat dari mana dan produksi siapa, tapi harganya murah, saya dapat boneka Sadaharu seukuran bantal kepala dengan harga 1480 yen. Untuk bagian atasnya sendiri menjual figure, kadang kamu juga bisa mendapatkan harga yang bagus di sini.

Berikutnya Kotobukiya store, di lantai 1 banyak barang Square-Enix. Di sini kamu bisa beli boneka Slime. Yang bingung Slime itu apa, itu adalah monster maskot Dragon Quest, yang memiliki bentuk menyerupai Poring dari Ragnarok Online (kw nya Slime). Selain Slime, di sini juga ada 1 bagian khusus untuk Monster Hunter,  mereka menjual figure Monster Hunter, replika senjata, boneka kucing ukuran 1/1 dari game tersebut, dan banyak boneka monster dengan versi yang lebih lucu. Di bagian lain juga ada boneka Heartless dari Kingdom Hearts, Pikachu yang kalo kamu pukul kepalanya telinganya bergerak, Bowser , Kirby dan lain-lain. Untuk lantai 2 nya ketika saya datang penuh dengan barang game Tales series,  mercandise Ghibli dan tentu saja ada boneka Totoro, dan merchandise Touken Ranbu, sepertinya ini memang area untuk wanita. Di lantai 3 terdapat merchandise Kancolle, figure, dan juga kotak untuk memajang figure kamu supaya tidak cepat berdebu.

Selain itu ada display untuk prototype figure yg akan direlease oleh Kotobukiya, supaya kamu bisa galau dan khilaf PO. Tenang saja mereka menjual kotaknya dalam bentuk rakitan, jadi mudah dibawa pulang. Lantai 4 terdapat showcase Star Wars, yang tentu saja kamu bisa membeli beberapa action figure Storm Trooper-nya walau dibatasi 2 per orang. Selain itu juga terdapat model kit khusus buatan Kotobukiya seperti Zoids, frame arm, Muv-luv series, optional part dan lain-lain. Yah… karena ini toko Kotobukiya, jangan berharap ada barang Bandai. Tapi untuk figure, ada merk lain yang dijual selain Kotobukiya… aneh ya? Di lantai teratas sedang ada exhibition Star Wars, mereka memajang figure-figure Star Wars yang sudah dibuat atau mungkin akan dirilis Mohon maaf saya tidak mengikuti perkembangan figure Star Wars. Untuk Touken Ranbu, Kancolle dan Star Wars sepertinya seasonal, mungkin pada saat kamu berkunjung nanti sudah berubah lagi. Sedikit sejarah… 8 tahun yang lalu tempat ini adalah Asobitcity.

Gedung berikutnya Animate, terletak di sebelah kanannya. Di lantai 1 nya kamu bisa menemukan merchandise macam-macam anime terlalu banyak untuk disebutkan. Untuk lantai 2 nya, ada melonbooks yang menjual banyak doujin yang 80% tentu saja hentai, dan jangan khawatir… tentu saja ada doujin yaoi juga. Selain itu mereka juga menjual official goods dan item-item yang hanya bisa didapat di Comiket, seperti goody bag dari circle tertentu, dakimakura dengan gambar yang “wow”, seprei kasur yang juga “wow”, CD musik dan lain-lain. Di sini kamu bisa mem-browse doujin yang kamu cari berdasarkan seri anime yang sedang hot ataupun berdasarkan artist nya. Selain itu mereka juga menjual figure baik baru maupun second. Second di sini belum berarti sudah dibuka, kadang bisa saja masih baru. Jangan khawatir, barang second yg sudah dibuka harganya sangat rendah apalagi kalo ada yg hilang atau rusak bisa 1/4 harga, kadang ada barang yg harganya murah juga hanya karena boxnya rusak. Walau kadang ada juga yg sudah stress dijual ga laku-laku hingga di diskon gila-gilaan.

Di lantai 3 kamu bisa menemukan  banyak toko yang menjual keychain ataupun strap dari macam-macam seri. Jika kamu beli langsung biasanya 1 kotak dan random isinya. Di sini, semua sudah dibuka jadi kamu tinggal pilih suka yang mana. Tenju saja karakter favorit harganya beda. Selain itu saya juga menemukan berbagai macam jenis plushie di sini  dan juga toko yang menjual kartu idol dan poster idol. Sebenarnya yg menarik perhatian saya, di toko tersebut juga menjual promo picture untuk promosi DVD anime tertentu. Sempat tergoda siih… ukurannya sepertinya A1. Di lantai 4 kamu akan menemukan Rental Showcase, yang menarik, mereka punya area khusus 18+ untuk menjual figure-figure custom atau figure 18+ tapi sayangnya ketika saya masuk, hanya beberapa yang ada isinya. Di lantai berikutnya terdapat Good Smile cafe yang tema cafenya berubah setiap season.

Setelah keluar dari gedung Animate kita menyeberang dan menuju ke gang itu. Anyway di sebelah kanan exit Animate terdapat toko TCG, tak ada salahnya untuk dicek jika kamu ingin membeli kartu single tertentu.

Ini merupakan salah satu toko yang unik. Mereka menjual sticker dengan gambar emoticon serta macam2 warning sign style Touhou. Dulu saya perna menemukan dengan tulisan Pedo Inside dengan style logo Intel inside.

Gedung berikutnya Mandarake, kamu harus dan wajib masuk ke gedung ini. Untuk lantai 1 nya langsung di skip saja, isinya hanya counter tempat toko membeli figure kamu, walau di sini saya melihat petugasnya memakai baju cosplay Saber. Saya biasa memulai tour gedung ini dengan naik lift ke lantai 8 kemudian turun ke bawah. Kalau masih semangat saya biasa pake tangga naik ke lantai 8 karena lift-nya hanya 2 dan ukurannya kecil. Di lantai 8 kamu bisa menemui Figure, SIC, Chogokin, banyak jenis barang-barang Macross, Transformers dan juga resin kit unpainted. Untuk harga benda lain non figure, saya kurang tau apakah itu termasuk murah atau tidak, tapi kamu bisa menemukan barang-barang yang sudah langka di sini. Untuk figurenya, jenisnya hampir lengkap, kamu bisa menemukan figure baru yang rare hingga figure yang direlease sekitar 10 tahun yang lalu. Untuk harganya cukup miring, kamu bisa menemukan figure yang release tahun inidengan harga potongan 30% di sini, jangan khawatir figure yg dijual di sini kebanyakan masih sealed belum perna dibuka. Di sini juga kadang ada figure yang diobral murah karena ga laku-laku.

Di lantai 7 kamu akan menemukan banyak mainan super sentai, baik SOC ataupun mainan plasticnya, dari jaman dahulu kala sampe yang baru. Bahkan saya ketemu motor salah satu kendaraan Sharivan.  Selain itu juga terdapat model kit mobil yang kalo saya liat kardusnya sepertinya sudah tua sekali, diecast mobil, Tomica dan juga single kartu TCG. Di Lantai 6 terdapat berbagai jenis game. Di Lantai 5, jika kamu pria mungkin lebih baik kamu lewati tempat ini… apalagi jika kamu datang bersama teman priamu, apalagi jika kalian berdua ganteng. Kalian bisa menyalakan tombol fantasi seseorang. Anyway dini sini adalah lantai untuk doujin dan manga khusus untuk wanita, jadi isnya penuh dengan buku-buku bergambar “persahabatan” antara pria. Lantai 4, kebalikan dengan lantai 5 , di sini isinya penuh dengan doujin dan manga hentai. Mereka juga menjual beberapa game indie yang dijual ketika Comiket, DVD photo cosplay, barang-barang Comiket seperti dakimakura dan lain-lain. Semuanya tertata rapi berdasarkan nama artist dan seri anime sehingga kamu dapat dengan mudah mencarinya. Di lantai 3 kamu akan menemukan banyak manga. Di lantai 2 kamu akan menemukan dollfie. Mereka juga menjual macam aksesoris seperti rambut, baju, mata dll walau kalau kamu beli body sepertinya beberapa sudah tidak sealed.

Selanjutnya setelah keluar dari Mandarake, kamu kembali ke gang tempat kamu masuk, dan berjalan lurus melewat Mandarake. Kamu akan Melewati tempat ini. Ini termasuk tempat yang harus kamu kunjungi jika kamu mencari figure murah. Untuk Lantai 1 nya sendiri menjual galge atau game hentai dan juga beberapa buku. Untuk lantai 2 nya menjual banyak kostum dan peralatan cosplay. Untuk lantati 3 nya berisi figure. Memang tidak selengkap Mandarake,  tapi harga figure di sini paling murah, saya perna mendapatkan figure seharga 12 ribu yen harganya dipotong jadi 4000 yen hanya karena kardusnya rusak di sini. Ketika saya pergi kemarin ada figure Jack The Ripper dari serial Fate seharga 5600 yen di sini padahal harga normalnya 9500 yen. Saya sendiri bingung kenapa di sini banyak figure murah, mungkin karena lokasinya yang aneh sehingga tidak banyak orang yang tahu.

Jika kamu berjalan lurus kemudian belok kanan di perempatan, kemudian jalan sedikit, kamu akan melihat Kedai Kebab yang terkenal di Akiba ini. Dulunya mereka menjual hanya dengan menggunakan truk di tengah lapangan , hingga pada akhirnya mereka bisa buka toko sendiri. Jangan khawatir mereka menyediakan kebab yang halal meski tidak ada cap MUI, yang kemudian membuat saya bingung… karena mereka juga menyediakan kebab sapi yang tidak halal terpisah dari kebab sapi yang halal.

Kebabnya enak dan harganya hanya 650 yen dan isinya banyak, pokonya puas deh. Selain itu mereka memiliki 7 jenis pilihan saus dengan rasa yang berbeda-beda. Saya selalu pesan dengan white sauce yang tebuat dari garlic dan yogurt kalau saya tidak salah ingat.

Dari tempat kebab berjalan ke arah kanan kembali ke arah Mandarake, nanti kamu akan melewati toko ini di sisi kiri. Yang menarik sebenarnya adalah Mars Lab di lantai 2. Mereka menjual baju anime dengan design original,  walau tidak ada full colour. Ada baju dengan gambar keyframe Dissaperance of Nagato Yuki, Ninja Slayer, dan juga siluet kapal Kancolle, kapal beneran ya bukan yang moe-moe itu. Untuk harga 100-300 yen lebih mahal dari Cospa, untuk ukuran sama.

Setelah itu kamu berjalan terus  ke arah Mandarake, kemudian beok kiri di perempatan kembali ke jalan utama di Akiba kemudian belok kiri lagi, kamu akan melewati sebuah Sofmap. Di sisi kanan Sofmap ada semua tangga kecil, naiklah dan kamu akan tiba di Tora no Ana. Di sini kamu bisa beli manga, artbook dan juga doujin dari comicket. IMO, koleksi buku di sini lengkap karena saya bisa menemukan buku artist favorit saya (atau lebih tepatnya mudah di browse). Ketika saya datang sedang ada obral doujin-doujin lama hanya seharga 100 yen.

Jika kamu berjalan lurus terus, kamu akan juga menemui Melonbooks, ini adalah toko yang sama dengan yang ada di Animate building dekat Kotobukiya jadi isinya tidak terlalu berbeda jauh.

Jika kamu lurus lagi, kamu akan melewati tempat ini. Liberty Anime, di sini terdapat banyak jenis figure, kadang kamu bisa menemukan yang murah di sini, tapi kamu harus browse dan cek satu persatu. Meski ini bukan termasuk toko favorit saya, tapi tidak ada salahnya di cek, mungkin saja ada harta terpendam. Berikutknya kita akan mencari toko Cospa yang 1 lagi, toko ini agak tersembunyi dan tidak terlihat dari jalan utama, pertama jalan lurus terus melewati Liberty.

Hingga kamu menemukan toko gacha ini. Kemudian kamu jalan terus , di sebelah kiri ada gang masuk ke sana. Buat kamu yang suka judi gacha jangan khawatir, karena kamu bisa menukarkan 1000 yen menjadi koin 100 yen di sini, gacha di sini kebanyakan 300-400 yen, have fun doki-doki gacha time.

Kamu akan menemukan toko gacha lain. Kamu harus masuk ke dalam toko ini, toko Cospa ada di lantai 2. Letaknya memang tersembunyi dan juga tidak ada logonya. Toko ini lebih besar dr toko Cospa sebelumnya dan barang-barangnya juga lebih lengkap. Selamat mencoba mencarinya.

Setelah dari toko Cospa, keluar dan kembali ke jalan utama. Berjalanlah lurus menuju Tamtam Hobby Shop. Gedung ini mudah terlihat. Di sni terdapat berbagai jenis model kit seperti  Gundam, militer dan juga mobil. Yang paling menarik dari tempat ini adalah koleksi kereta dan diecast mobilnya. Setelah dari sini kamu dapat menyeberang kembali ke sisi Akiba yang ada Sofmap pertama dan berjalan ke arah Sofmap tersebut

Kamu akan menemukan tempat ini, yang juga bernama Liberty. Ini merupakan salah satu toko favorit saya. Saya dapat mendapatkan barang yang saya cari di sini. Untuk lantai 1 nya isinya campuran antara One Piece, macam-macam figure SEGA prize, Hatsune Miku, Nendoroid, Figma, dan lain-lain. Untuk lantai 2 nya, itu adalah tempat untuk menjual barang milikmu. Jika kamu penasaran dengan poster figure dengan harga yen, itu maksudnya mereka mau membeli barang tersebut yang masih baru  dengan harga tersebut. Di Lantai 3 kamu akan menemukan SIC, SOC, Gundam, Almecha, dan lain-lain. Untuk harga saya kurang tahu, tapi saya melihat harga SIC Faiz Blaster dengan motor dijual hanya 6000 yen, harusnya itu cukup murah mengingat itu barang lama dan harga ketika pertama rilis juga sekitar itu.  Di lantai 4 kamu akan menemukan figure, dari Nendoroid , Figma dan scale figure.

Yang saya suka dari tempat ini adalah, displaynya enak dan mudah dilihat, mereka juga men display per seri, sehingga mudah menemukan yang saya cari. Selain itu mereka juga menjual beberapa figure yang tidak ada boxnya dengan sangat murah bisa berkurang 50% dari harga asli, tentu saja open dan second namun kualitasnya masi sangat baik, kamu bisa cek dulu sebelum beli. Di lantai 5 kamu bisa menemukan macam-macam gashapon dijual per piece, untuk kamu yang koleksi hanya beberapa karakter tertentu. Bisa dibilang harganya sangat murah jika dibandingkan dengan harga asalnya, tapi untuk karakter favorit, harganya sedikit beda. Di lantai 7 terdapat diecast mobil mini pesawat dan military .

Sesudah dari Liberty jika kamu berjalan lurus terus ke arah Sofmap yang pertama kamu akan melewati tempat ini. Biasanya mereka memiliki harga yang bagus untuk gashapon, biasanya saya beli SD Converge di sini atau di toko Liberty yang sebelumnya. Untuk figure saya sering melihat figure-figure yang tidak saya temui di toko lain ada di sini.

Jalan lurus terus dan kamu akan menemukan Animate, Animate yang ini lebih besar dan isinya lebih menarik. Di lantai 1 nya menjual majalah, komik  dan artbook baru rilis, dulu juga menjual Akibanana snack rasa pisang plesetan Tokyo Banana yang rasanya beneran seperti pisang. Lantai 2 dan 3 nya pun masih menjual komik. Lantai 4 kamu bisa menemukan merchandise anime pria, sepertinya lantai ini memang di dedikasikan untuk wanita, ketika saya datang ada 1 tempat yg disediakan untuk Haikyuu!!, selain itu juga terdapat Free! dan Touken Ranbu. Bisa dibilang variasi merchandise di sini paling banyak jika dibandingkan dengan toko lain. Di lantai 5 nya banyak merchandise moe-moe, terutama Gochuumon, ada satu deret khusus untuk itu, dan juga barang-barang Key, karena Charlotte sepertinya sukses besar, dan Key mengambil kesempatan untuk menjual kembali anime-anime lamanya. Untuk Barang-barang Key sendiri memang hampir selalu ada di Akiba meskipun season animenya sudah lewat. Selain itu di belakang tangga masih ada 1 bagian kecil lagi, yang saat ini penuh dengan Umaru. jangan lupa di cek. Untuk lantai 6 dan 7  terdapat CD musik dan juga DVD blu ray.

Toko berikutnya Tora no Ana, toko ini terletak di seberang Tora no Ana yang sebelumnya. Untuk lantai 1 dan 2 nya menjual komik, majalah dan artbook. Orang biasanya ke sini langsung menuju lantai 3 ke atas, yaitu bagian doujin. Di sini koleksi doujinnya bisa dibilang sangat lengkap, mereka punya koleksi dari Comiket 1 tahun sebelumnya. Kalau kamu punya artist favorit, kamu juga bisa langsung browse berdasarkan artist. Yang bikin tempat ini enak untuk cari doujin adalah cara mereka men displaynya. Tidak seperti tempat lain yang disusun dari samping, di sini dipajang cover depannya. Beberapa juga disusun per karakter, ketika saya datang saya melihat banyak sekali muka Fumina di bagian Gundam. Well saya selau berpikir… Fumina-senpai mau main Gundam atau mau main yang lain se? But anyway di sini juga jual buku Musume Mecha (karakter Kancolle yang dijadikan robot, kebalikan dari mecha musume) dan Gundam Musha (fanart macam2 Gundam dalam bentuk musha) dari Comiket sebelumnya bukan hanya yang hentai saja walau jumlahnya sedikit. Mungkin pada saat kamu datang barang tersebut sudah tidak ada. Selain itu, mereka juga jual game produksi circle dan mechandise lain dari Comiket.

Akhir kata, terima Kasih telah membaca guide saya yang panjang ini. Mohon maaf jika ada beberapa toko yang lupa di foto. Akiba buat saya itu tempat penuh misteri seperti kotak harta karun. Masih banyak toko yang saya tidak tahu dan belum saya kunjungi. Yang saya tulis di ini hanyalah toko-toko yang sering saya datangin ketika ke Akiba. 1 hal yang pasti, jika kamu menemukan benda yang kamu suka dengan harga yang menurut kamu pas, lebih baik langsung kamu beli, karena mungkin barang itu besok sudah tidak ada. Perputaran barang di Akiba sangatlah cepat, keesokan harinya bisa saja ada barang yang hilang dan juga ada barang yang baru masuk. Bahkan saya perna melihat barang di pagi hari, ketika sore hari, barang tersebut sudah tidak ada. Di sini pake prinsip “lebih baik menyesal beli daripada menyesal karena tidak beli”, walau saya selalu pakai prinsip “pulang dari Jepang tidak boleh ada penyesalan”. Beberapa tips lagi jika sisa duit kamu pas-pasan, jika ada toko yang menerima kartu kredit, saya sarankan untuk pakai. Sebab ada beberapa toko yang harus cash dan restoran kecil juga tidak menerima credit card.

Untuk cara pembelian tiket kereta. Kamu lihat angka di bawah nama stasiunnya, itu adalah harga yang harus kamu bayar atau pencet di mesin jual kartu. Gambar ini di ambil di stasiun Tokyo, silahkan di save, karena tidak semua stasiun padannya menggunakan huruf alphabet. Sistem kereta di Jepang berbeda dengan di Singapore, di sini mereka dibagi berdasarkan warna untuk line kereta dan platform untuk arah tujuan kereta. Gunakan Google map untuk memudahkan kamu sampai ke tujuan. Sangat disarankan untuk menyewa wi-fi portable sebelum berangkat ke jepang yang bisa didapatkan di travel agent biasanya. Btw di Jepang beberapa restoran menggunakan ticket machine juga, kamu cukup pilih makanan yang kamu suka, biasanya mesinnya ada gambarnya jadi kamu tak perlu khawatir atau cocokkan tulisannya, pencet, masukin uangnya, ambil kembaliannya. Berikan tiketnya kepada orang di dalam dan selamat menikmati

By the way, di Yoshinoya tidak ada mesin ini , jadi kamu langsung tunjuk aja mau yang mana, dan jangan lupa menambahkan telur mentah untuk diaduk ke setiap makananmu, yang membuat rasanya jadi lebih enak seperti di anime Silver Spoon. Okay, See you at the next article!

Comments

comments

Related Post

Modeller nyasar. Figure x modeller

One thought on “[GUIDE] Ulasan Lengkap Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Akihabara!

Comments are closed.