Makoto Shinkai: Dunia Animasi Jepang Tidak Bisa Dipisahkan Dengan Studio Korea

Makoto Shinkai

Memproduksi sebuah anime movie yang begitu hits, Makoto Shinkai banyak tampil di berbagai acara untuk diwawancara. Namun dalam salah satu interviewnya, Makoto Shinkai sempat memberikan komentar yang menarik. Di situ, sang pewawancara bertanya, bahwa di credit akhir movie Kimi no Na wa, banyak sekali nama-nama orang Korea sebagai staff. Apakah Shinkai bekerja dengan orang Korea atau bekerja sama dengan Korea ke depannya?

Shinkai sendiri menjawab, bahwa 10 tahun lalu, studionya memperkerjakan seorang cewek Korea sebagai staff, dan Shinkai berkomentar bahwa animasi Jepang sendiri tidak bisa dipisahkan dengan studio painting di Korea. Shinkai juga menambahkan bahwa studio Korea sama sekali tidak memiliki kesulitan untuk membuat animasi, dan selama ini Korea telah berperan banyak dalam dunia animasi Jepang.

Namun pernyataan Shinkai ini tentu membuat banyak orang kebingunan, sebab jika kualitas studio animasi Korea sendiri seperti itu, mengapa selama ini belum ada karya yang menonjol dari Korea? Animasi Korea juga tidak begitu populer bahkan di negara asalnya. Banyak sekali perbedaan yang bisa dilihat jika membandingkan kepopuleran animasi Jepang dan Korea. Sebagai contoh, mentri kebudayaan di Korea sendiri pernah menggelontorkan dana sebesar 380 milyar won pada bulan Februari 2015 untuk memajukan animasinya, namun sampai saat ini belum ada pencapaian yang berarti.

Namun jika mengutip kata Shinkai, sepertinya Ia memiliki kepercayaan yang sangat tinggi dengan studio animasi Korea.

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.