Nintendo Menggugat Perusahaan Rental Go Kart di Jepang Karena Plagiat Mario Kart Tanpa Ijin!

mario-kart-japan

Apakah kamu pernah pergi ke Jepang? Jika kamu pernah ke Jepang, ada kemungkinan besar kamu pernah menjumpai grup yang berpakaian ala karakter Mario Kart di jalanan, lengkap dengan mengendarai kart-nya. Banyak yang berpikiran bahwa ini hanyalah ajang senang-senang dan cosplay semata, namun rupanya Nintendo berpikiran lain! Baru-baru ini, melalui website official-nya, Nintendo menyatakan bahwa mereka sedang menggugat perusahaan rental kart di Jepang bernama Maricar yang menyewakan kart, karena dianggap namanya merupakan singkatan dari Mario Kart (Marika, Maricar).

mario-kart-japan

mario-kart-japan

Dalam gugatan tersebut, Nintendo menekankan bahwa perusahaan tersebut menggunakan nama besar Mario Kart tanpa adanya ijin untuk kepentingan dan keuntungan bisnis milik pribadi. Hal lain yang menguatkan hal tersebut adalah rental tersebut juga menyewakan kostum karakter-karakter Mario, yang bisa kamu gunakan sambil mengendarai kart tersebut di jalan raya. Nintendo sendiri menganggap bisnis dengan menggunakan nama besar dan atribut Mario Kart tanpa ijin ini sebagai pelanggaran berat terhadap copyright.

mario-kart-japan

Salah satu penulis sendiri juga pernah menjumpai rombongan yang dimaksud ketika sedang berjalan-jalan di Akiba. Tampaknya Nintendo memang sedang giat-giatnya nih melindungi copyright mereka.

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.