Doujin Goods Love Live dan Love Live Sunshine Mulai Saat Ini Di Banned Oleh Pemilik Copyrightnya!

Love Live! μ's Final Love Live! ~μ'sic Forever♪♪♪♪♪♪♪♪♪~ Blu-ray Memorial BOX

Love Live di Jepang dan di luar Jepang begitu populer, dan sudah tak terhitung lagi banyaknya doujin dan fan merchandise dari Love Live maupun Love Live Sunshine. Karena kepopuleran Love Live, maka hal itu juga berimbas pada banyaknya doujin Love Live, yang selalu laris manis dijual di pasaran, menjadikan doujin Love Live begitu diminati oleh para circle untuk dibuat, baik itu dalam bentuk keychain, kaos, fanbook dan doujin hentai. Namun mulai saat ini, tampaknya para doujinka akan kehilangan penghasilan dari salah satu fandom terbesar ini. Hal ini karena sang pemilik lisensi Love Live telah mengeluarkan pengumuman resmi melalui website officialnya, bahwa mulai saat ini mereka menginginkan segala bentuk pembuatan merchandise Love Live yang tidak official untuk dihentikan.

LL-doujin-banned2

Jika diartikan, pesan di atas tersebut berbunyi demikian:

“Sayang sekali, meskipun telah berkali-kali diselidiki oleh polisi, namun merchandise Love Live! dan Love Live! Sunshine!! yang tidak memiliki lisensi tetap dijual di event, situs online, dan juga arcade. Kami akan menanggapi serius terhadap pelanggaran lisensi ini, dan akan menindak siapa yang melanggar peraturan kami. Kami minta kalian semua agar tidak membeli produk Love Live yang tidak berlisensi. Terimakasih atas dukungan kalian terhadap Love Live! dan Love Live! Sunshine!!.”

Tampaknya hal ini memang sudah ingin mereka lakukan sejak lama, tidak hanya di Jepang, apalagi mengingat jika event Chara Expo 2015 yang pertama kali diadakan di Singapura, ada aturan yang melarang para creator yang membuka booth di bagian Creator-nya untuk tidak membuat merchandise yang berkaitan dengan Love Live.

Aturan mengenai doujin yang dijual di event sebenarnya menjadi ilegal apabila sang empunya lisensi mengajukan komplain atas hal tersebut, yang saat ini terjadi untuk Love Live dan Love Live Sunshine. Tentu saja berkat peringatan ini, akan sangat susah nantinya untuk menemukan doujin Love Live, terutama di Jepang. Hal ini pun membuat toko di Jepang yang menjual doujin dan fanmerch Love Live di Jepang komplain, yang ditulisnya melalui akun Twitter-nya.

LL-doujin-banned

LL-doujin-banned1

Bagaimana menurut kalian? Sayangnya, mungkin mulai sekarang, kamu tak lagi bisa melihat doujin R-18 dari shipping karakter yang kamu suka.

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.