Unlimited Maintenance, Pemain Mobage SINoALICE Pun Mulai Lelah!

SINoALICE

Mobage SINoALICE, sejatinya mendapatkan ekspektasi yang cukup besar dari para pemain mobage, apalagi dengan nama besar Yoko Taro yang turut meramaikan game ini. Sejak diumumkan bahwa mobage SINoALICE akan dirilis pada tanggal 6 Juni 2017, banyak yang menunggu untuk bisa memainkannya, hingga akhirnya hari yang dimaksud tiba, dan orang-orang berbondong-bondong mendownload-nya. Namun apa yang terjadi? Sepertinya mobage yang satu ini belum siap rilis, hingga akhirnya kepenuhan dan diadakan maintenance.

SINoALICE

SINoALICE

Sayangnya, maintenance dalam game SINoALICE tampaknya bukan hanya sebentar, namun tak kunjung selesai. Ketika game sudah bisa dimainkan kembali, tak perlu waktu lama bagi game tersebut untuk kembali maintenance. Bahkan sampai hari ini yang notabene adalah hari ke tujuh sejak mobage tersebut dirilis, game SINoALICE masih mengalami unlimited maintenance! Sama sekali tak bisa dimainkan. Bahkan Twitter dari SINoALICE pun tak sempat mengumumkan bahwa server sudah up, karena sebelum mulai diumumkan, game tersebut kembali mengalami maintenance. Mengenai hal ini, pihak official terus meminta maaf lewat akun Twitter SINoALICE. Namun sayangnya, banyak netizen yang sudah lelah menunggu. Tak sedikit dari para pemain yang tadinya semangat, saat ini telah menghapus aplikasi SINoALICE dari smartphone-nya karena sama sekali tak bisa dimainkan. Apa Square Enix belum siap ketika game ini dirilis?

Sebenarnya banyak faktor yang membuat saya pesimis terhadap mobage SINoALICE ini, meskipun telah digawangi oleh nama besar Yoko Taro. Salah satunya adalah nama Square Enix sendiri, sebab bukan lagi rahasia, bahwa mobage-mobage buatan Square Enix selain IP Final Fantasy, kebanyakan gagal dan dilupakan, misalnya Grimms Notes. Hampir sebagian besar (tidak semua) mobage Square Enix selalu mengalami trouble pada servernya, dan juga pada bagian top up. Dengan adanya unlimited maintenance dari SINoALICE ini, makin memperburuk citra Square Enix dalam mobage. Ini adalah maintenance yang jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan FGO yang sebelumnya sering disebut game dengan maintenance berkepanjangan!

Faktor lain bisa jadi adalah karena banyaknya reroller dalam mobage Jepang, tidak terkecuali SINoALICE ini. Reroll tentu saja membuat beban server lebih besar karena satu orang yang sama terus-terusan mengulangi proses pembuatan user baru, yang berakibat jumlah user membengkak. Alasan kenapa banyak reroller adalah karena mereka ingin mendapatkan SSR yang bagus dalam gacha sebelum akhirnya melanjutkan game-nya. Dan karena gacha itu rate-nya kalian tahu sendiri, tentu saja tidak semudah itu mendapatkan SSR yang diinginkan. Alhasil, muncul meme SINoREROLL untuk game ini.

SINoALICE

Tentu saja karena ini sudah hari ketujuh dan mobage SINoALICE sama sekali belum bisa dimainkan secara benar, para netizen pun lelah dan mengeluh, menyalahkan developer dan programmer dari game ini. Namun di Twitter sepertinya ada programmer game yang gerah dan membuat status, bahwa para netizen sama sekali tidak mengetahui apa yang programmer game harus lalui karena netizen tak pernah bekerja sebagai programmer game, ketika banyak yang komplain soal apa yang developer sedang lakukan saat ini. Kamu sendiri bagaimana? Sudah lelah mencoba game ini dan menghapusnya? Saran saya sih, sebaiknya tunggu sampai game ini stabil dahulu baru dimainkan!

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.