Liputan Comic Frontier 11, Event Akbar Karya Wibu Anak Bangsa!

comic frontier 11

Event Comic Frontier 11 memang sudah berakhir pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018 kemarin. Namun tentunya ada yang bahkan tidak sempat datang ke event ini atau ingin melihat reportase event setelah berakhir untuk melepas kangen. Tim Nekonoto sendiri tidak lupa datang ke event akbar Comic Frontier 11 ini pada tanggal 18-19 Agustus 2018 untuk meliput langsung jalannya event.

comic frontier 11

Comic Frontier 11 sendiri adalah sebuah acara di mana para kreator-kreator di Indonesia menjual berbagai karyanya, di mana sebagian besar adalah fanart dari judul-judul anime yang populer di Jepang, meski juga ada beberapa booth yang menjual karya original. Comic Frontier 11 sendiri terinspirasi dari acara serupa yaitu Comiket di Jepang, di mana para kreator menjual karya buatannya atau yang disebut doujinshi dari berbagai judul IP populer di Jepang. Doujin sendiri tidak hanya berupa buku, namun juga merupakan sebutan untuk berbagai karya produksi sendiri lainnya. Dalam event Comic Frontier 11 ini, ada ratusan booth yang menjajakan karyanya di sini. Tentu saja sebagai pengunjung, hasrat khilafmu akan terpuaskan di event ini karena banyaknya variasi barang menarik yang bisa kamu beli.

comic frontier 11

comic frontier 11

Barang yang dijual antara lain diantaranya seperti artbook, komik, gantungan kunci, poster, hingga stiker. Tentu ada beberapa yang berimprovisasi dengan menjual dakimakura atau kaos. Tidak hanya booth kecil, namun juga ada booth corporate dari wadah komik yang besar di Indonesia, misalnya saja Re:ON, Comico, dan Ciayo. Tidak lupa juga ada booth Ponimu yang memperkenalkan situs streaming anime legal pertama di Indonesia.

comic frontier 11

comic frontier 11

Tidak hanya booth jualan karya saja, namun di Comic Frontier 11 juga ada berbagai acara menarik di atas panggung. Dimulai dengan sesi Utattemita pada jam 10 hingga 12 siang, di mana para pengunjung bisa mendaftar dan menyanyikan lagu pilihannya di atas panggung, di depan seluruh pengunjung. Lalu disambung berbagai macam talk show menarik di industri komik Indonesia, misalnya saja dengan guest star komikus yang sedang naik daun di Indonesia, seperti Risa Comics, Yozhman, Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram, Ghosty’s Comic, dan sebagainya. Tak lupa juga ada bintang tamu DJ Sunamori dari Jepang dan DJ Lazurite, serta utaite lokal Nanairo Symphony yang mengisi panggung dengan lagu-lagu anime populer. Tidak hanya dari komikus, namun juga ada talk show menarik dari berbagai platform industri kreatif di Indonesia, seperti Wibuverse, Bumi Langit, Naobun Project, dan sebagainya di mana presentasinya yang inspiratif mampu mendorong para kreator-kreator lokal untuk terus berkarya.

comic frontier 11

Overall, Comic Frontier 11 adalah acara yang sangat inspiratif untuk kreator lokal, dan makin tahun event ini makin berkembang. Buat kamu yang belum sempat datang ke Comic Frontier 11 atau belum pernah ke event Comic Frontier sama sekali, yuk datang di event Comic Frontier berikutnya!

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.