Liputan Anime Festival Asia Singapore 2015!

afasg 2015

Berakhir sudah event Anime Festival Asia Singapore 2015 (AFASG 2015) yang diselenggarakan di Suntec Convention & Exhibition Centre pada tanggal 27 sampai dengan 29 November 2015 kemarin. Banyak hal yang bisa kamu temukan di event tersebut, dan tentu saja kali ini line-up nya cukup istimewa, dengan mengundang banyak sekali artis yang belum pernah tampil sebelumnya, ditambah dengan beberapa seiyuu kawakan yang turut ambil bagian dalam event ini.

AFASG 2015

Seperti event AFA yang diselenggarakan tahun-tahun sebelumnya, antrian panjang sudah terlihat bahkan 3 jam sebelum pintu dibuka pada pukul 9 pagi. Hal tersebut dimotivasi oleh benda-benda limited yang dijual di event tersebut, misalnya saja dengan membeli CD, kamu bisa mendapat tanda tangan artisnya. Tentu dijual dengan jumlah yang cukup terbatas. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini member AFA WORLD bisa memasuki area pameran setengah jam sebelum pintu dibuka untuk umum.

AFASG 2015

AFASG 2015

Begitu pintu dibuka, para pengunjung langsung berlarian menuju booth incaran masing-masing, dan tentu saja yang kali ini paling diserbu adalah booth Pony Canyon, di mana cukup dengan membeli CD nya seharga 15 SGD sampai dengan 35 SGD, kamu bisa mendapatkan autograph dari artis yang bersangkutan. Namun karena jumlah kupon yang diberikan untuk sesi autograph cukup terbatas, tidak sedikit yang kecewa karena gagal mendapatkannya. Juga ada booth IA di mana kamu bisa membeli berbagai merchandise yang berkaitan dengan IA dan Kagerou Project, dan berkesempatan untuk mendapatkan autograph Lia, sang pengisi suara dari vocaloid IA.

AFASG 2015

AFASG 2015

Di tahun ini booth Sony tidak banyak dikunjungi seperti di tahun-tahun sebelumnya. Cukup wajar jika mengingat kali ini artis yang berasal dari Sony sangat sedikit, dan hanya menghadirkan sesi tanda tangan Chico with Honeyworks saja. Syaratnya cukup dengan membeli CD-nya, dan tidak ada batasan kupon seperti yang ada di booth Pony Canyon. Bushiroad, regular dalam event AFASG juga hadir, menjual berbagai merchandise TCG dan juga Love Live. Ada juga area bermain Bushiroad, di mana tutorial card game terbaru mereka, Luck & Logic diadakan, dan selesai tutorial kamu bisa mendapatkan deckbox bergambar karakter Luck & Logic. Kamu juga bisa menantang admin dalam card game lain seperti Vanguard, Buddyfight, dan Weiss Schwarz dan mendapatkan hadiah menarik jika kamu memenangkan pertarungan tersebut.

AFASG 2015AFASG 2015

Di booth Bandai, kamu bisa membeli berbagai model kit yang dijual, dan juga melihat display dari model kit Star Wars yang menjelang perilisan filmnya memang cukup hype. Tidak hanya itu, Bandai juga memajang banyak sekali Bearguy dan Petitguy yang di custom menyerupai berbagai unit Gundam dari yang lama hingga yang baru. Kamu juga bisa mencoba demo dari game PS Vita Mobile Suit Gundam: Extreme VS Force. 

AFASG 2015

Bagi kamu yang gemar ‘berjudi’, bisa berkunjung ke booth Banpresto yang cukup ramai diserbu pengunjung. Wajar, karena kali ini mereka menampilkan ichiban kuji dengan judul yang beragam. Diantaranya adalah Evangelion, Haikyuu, Yowamushi Pedal, Kuroshitsuji, Cardcaptor Sakura, One Piece, Dragon Ball, Love Live, The Idolm@ster: Cinderella Girls, dan Sword Art Online. Jika kamu ingin membeli kaos dengan tulisan line-up anisong tahun ini atau ingin membeli merchandise dan CD dari artis seperti bless4, BACK-ON, dan Mika Kobayashi, kamu bisa berkunjung ke booth AFASHOP. Tidak hanya itu saja, mereka juga menjual berbagai merchandise dari judul anime seperti Kancolle, Gundam, Aldnoah Zero, dan Hatsune Miku.

AFASG 2015

AFASG 2015

Jika ingin membeli figure, banyak booth baik yang official maupun non-official yang bisa dikunjungi. Yang official misalnya saja Good Smile Company dan Aniplex. Selain menjual figure, mereka juga mendisplay beberapa figure baik yang sudah dirilis maupun yang belum dirilis. Kamu bisa melihat penampakan Nendoroid Saitama dari One Punch Man yang saat ini animenya sedang heboh-hebohnya di Jepang. Di booth Aniplex, dipajang beberapa figure seperti Kaori Miyazono dari Shigatsu wa Kimi no Uso dan Saber Bride. Di dinding booth Aniplex, juga ada pengumuman beberapa figure yang saat ini sedang dibuat, seperti Mashu dan Saber Altria dari Fate/Grand Order.

AFASG 2015

AFASG 2015

Berjalan sedikit ke belakang, kamu bisa menemukan Creator’s Hub, di mana merchandise fanart dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan beberapa gambarnya tidak kalah dengan versi official lho! Yang menarik, booth Battle of Surabaya juga membuka booth di AFASG 2015 ini. Menjual berbagai merchandise dan juga memutar film Battle of Surabaya di boothnya. Jika ingin membeli berbagai merchandise lain, masih ada booth lisensor seperti Odex, Proware, Muse, dan Mighty yang selalu ramai dikunjungi.

AFASG 2015

AFASG 2015

Tidak hanya booth ‘setor duit’, namun juga ada booth di mana kamu bisa menikmati berbagai hiburan. Meski tidak sebanyak tahun lalu, namun kali ini kamu bisa mencoba game World of Tanks dan World of Warships di booth Wargaming.net, yang kali ini berkolaborasi dengan dua anime populer yaitu Girls und Panzer dan Arpeggio. Lalu bagi kamu yang tidak malu untuk karaoke di depan umum, bisa maju ke panggung Anisong Audition dan berkaraoke.

AFASG 2015

Berbeda dengan di Indonesia, makanan yang dijual di AFASG 2015 ini benar-benar menggiurkan! Ada Love Live cafe yang menjual parfait dengan tema kesembilan member u’s, lalu ada Monster Curry yang membuka booth cukup besar. Rasa kare nya sendiri tidak perlu ditanya! Sangat lezat meski memang terbilang agak mahal, sekitar 7-8 SGD per porsi. Selain itu juga ada booth yang menjual es krim Jepang dengan harga yang terjangkau dan selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung.

AFASG 2015

AFASG 2015

AFASG 2015

AFASG 2015

Di paling belakang, ada area makanan khusus di mana sebagian penjualnya adalah orang Jepang asli, dan dibutuhkan kupon untuk membeli makanan dari sana. Makanan yang dijual diantaranya seperti ramen, pork katsu, snack, pork don dan sebagainya. Yang pasti semua terlihat menggiurkan. Berbeda dengan di Indonesia, di sini tidak ada merk minuman khusus yang memonopoli. Kamu bebas membawa makanan dan minuman dari luar.

Untuk Para cosplayer, mungkin AFASG 2015 bisa dibilang tempat bercosplay yang cukup nyaman. Canon juga berbaik hati membuka booth seputar make-up dan juga lokasi pemotretan lengkap dengan background yang bervariasi di luar area pameran, yang tidak membutuhkan tiket untuk memasukinya.

AFASG 2015 (23)

Acara stage juga tidak kalah menarik. Di sesi featured anime One Punch Man yang menghadirkan seiyuu dari Saitama, Makoto Furukawa, stage penuh sesak oleh para penonton. Di situ Makoto Furukawa menjawab berbagai pertanyaan dan juga melakukan live dub sebagai Saitama. Anime lain yang di feature di AFASG 2015 adalah Gochuumon, Charlotte, Yuru Yuri, dan Gakuen Toshi Asterisk. Serta ada pemutaran movie Garakowa perdana di luar negeri. Di mini-stage, beberapa kali artis dari Pony Canyon seperti Yumiri Hanamori, Yurika Endo, dan Michi tampil menyanyikan lagu mereka, dan juga seiyuu seperti Maaya Uchida, Suzuko Mimori, Shiori Mikami dan Ayana Taketatsu muncul untuk sesi tanda tangan bagi mereka yang sudah membeli CD-nya.

Setelah puas berkeliling di area pameran, di jam 7 sore konser pun dimulai. Konser kali ini menampilkan artis seperti BACK-ON, ZAQ, bless4, Aimer, dan Chico with Honeyworks di hari Jumat. Lalu P’s Live di hari Sabtu yang menampilkan Yumiri Hanamori, Yurika Endo, Shiori Mikami, Michi, Ayana Taketatsu, Maaya Uchida, dan Suzuko Mimori. Sedangkan di hari terakhir, ditutup oleh nano, GARNiDELiA, Mika Kobayashi, Lia, dan May’n.

AFASG 2015

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.