Waduh, Pokemon Go Ternyata Bisa Menimbulkan Berbagai Masalah di Jepang!

Pokemon Go

Setelah dirilis, tak dipungkiri lagi kalau Pokemon Go adalah game yang paling populer saat ini. Tidak hanya karena fanbase yang begitu besar, ditambah lagi Pokemon Go dirilis untuk smartphone di mana hampir semua orang pasti memilikinya dan bisa memainkannya. Gameplay yang unik pun menjadi fitur yang paling menarik dari Pokemon Go. Namun di balik kesuksesan besar dan juga banyak sisi positif dari game ini, namun tak dipungkiri, pasti ada dampak negatifnya. Beberapa orang Jepang pun berpotensi mengeluhkan hal ini, terutama polisi dan para pemilik usaha.

Di Amerika, banyak yang akhirnya ditangkap dan diintrogasi oleh polisi karena terlalu asik mencari Pokemon hingga masuk ke daerah yang terlarang. Sedangkan karena terlalu ramai orang yang berkunjung ke Holocaust Memorial Museum di Washington hanya untuk sekedar bermain Pokemon, keluar teguran yang berkata bahwa museum tersebut bukan tempat untuk bermain game.

Nah gimana dengan di Jepang? Meski belum dirilis resmi di sana, namun seorang pengacara memberikan asumsi dampak negatif apa yang akan timbul. Menurut orang Jepang, berjalan sambil bermain handphone itu sangatlah berbahaya karena kamu jadi tidak sadar dengan apa yang terjadi di sekitarmu, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Misalnya juga berjalan di malam hari untuk mencari Pokemon, dan akhirnya bisa berujung diintrogasi oleh polisi Jepang karena disangka mencurigakan dan melakukan tindakan kriminal karena biasanya kriminal berkeliaran di malam hari.

Yang lebih lucu, banyak para pemilik toko yang bisa protes akan efek dari Pokemon Go ini. Karena jika ada Pokemon yang muncul di toko mereka, maka orang-orang akan berbondong-bondong masuk ke toko tersebut tanpa keinginan untuk membeli sesuatu dan hanya untuk menangkap Pokemon. Bagi pemilik toko di Jepang, hal ini sangat meresahkan dan mengganggu mereka, dan bahkan bisa terancam hukuman di Jepang karena dianggap merusak bisnis orang lain, dan bisa dikenakan hukuman penjara serta denda. Waduh!

Namun tenang saja, Pokemon Go memang memberikan banyak dampak positif bila kamu memainkannya dengan kesadaran diri. Yang penting hati-hati di jalan, dan jangan coba-coba menangkap Pokemon jika kamu sedang menyetir di jalan!

Source: Yaraon

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.