Aimer x Radwimps ‘Chouchou Musubi’ Adalah Lagu Buangan Kimi no Na wa?

kiminonawa-musubi6

Kimi no Na wa adalah anime movie yang tersukses tahun ini. Hal itu dibuktikan dengan perolehan ranking film ini yang terus menerus menduduki peringkat pertama di negara manapun Kimi no Na wa tayang, terutama di Jepang yang belasan minggu mendominasi ranking di peringkat pertama. Jika mengingat Kimi no Na wa, tidak salah jika kamu juga akan teringat dengan Radwimps. Maklum, band yang satu ini cukup banyak menyumbangkan lagu untuk Kimi no Na wa, total ada 4 lagu yang berjudul Yumetourou, Zen Zen Zense, Nandemonaiya dan Sparkle. Di bulan yang sama dengan rilisnya Kimi no Na wa di Jepang, Radwimps berkolaborasi dengan Aimer juga meluncurkan sebuah lagu baru yang diberi judul Chouchou Musubi. Sekilas tidak ada yang mencolok, namun setelah menonton Kimi no Na wa, tampaknya ada sesuatu yang disadari tentang lagu tersebut. Apakah Chouchou Musubi adalah lagu buangan Radwimps yang tidak terpakai untuk Kimi no Na wa?

Hal itu diperkuat oleh beberapa bukti yang cukup relevan. Misalnya saja yang paling jelas, cover dari single Chouchou Musubi dari Aimer. Di situ diperlihatkan Aimer menggunakan pita merah dengan ikatan kupu-kupu. Sekilas tidak ada yang salah karena memang judul lagu Chouchou Musubi artinya adalah Butterfly Knot. Namun tentu tidak bisa dilupakan, bahwa ikatan pita kupu-kupu di belakang rambut tersebut sangat khas dengan karakter cewek dari Kimi no Na wa, yaitu Mitsuha Miyamizu. Tentu kamu yang sudah menonton Kimi no Na wa, tidak lupa kan dengan ikatan rambut khas Mitsuha tersebut? Berikut ini perbandingannya.

Ikatan rambut di Chouchou Musubi

Kimi no Na wa

Kimi no Na wa
Ikatan rambut Mitsuha di Kimi no Na wa

Yang kedua adalah judulnya sendiri yang mengandung kata Musubi. Musubi sendiri merupakan kata-kata yang cukup sering digunakan dalam Kimi no Na wa dan juga menjadi akar dari cerita tersebut, yaitu suatu cara bagaimana akhirnya mereka berdua (Taki dan Mitsuha) bisa terhubung. Bahkan bisa dibilang semua plothole dalam Kimi no Na wa ditutupi dengan kata Musubi. Hal ini makin memperkuat bahwa tadinya Chouchou Musubi ini akan digunakan sebagai lagu untuk Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa
Nenek yang doyan ngomong musubi

Masih nggak percaya, saya pun mengintip lirik lagunya. Benar saja, jika dibaca, lirik lagunya memang sedikit banyak ada hubungannya dengan Kimi no Na wa, yang intinya meskipun berada jauh, namun mereka berdua terhubung lewat pita yang sama.

Kimi no Na wa
Sekilas potongan translasi lirik Chouchou Musubi
Terhubung oleh 'musubi'
Terhubung oleh ‘musubi’

Menjelajah lebih jauh, saya menemukan hasil interview media Singapura yaitu Jnetwork dengan Aimer selama event AFASG 2016 berlangsung. Dalam interview tersebut, dipertanyakan soal bagaimana asal mula kolaborasi Aimer dan Radwimps. Aimer pun menjawab bahwa Ia mengenal Yojiro Noda (personel Radwimps) dari Taka ONE OK ROCK (sebelumnya Aimer sudah pernah berkolaborasi dengan Taka), dan Yojiro Noda memberi tahu Aimer bahwa ada lagu yang ingin dinyanyikan bersama dengan Aimer. Pada saat diajak, lagu tersebut bisa dibilang sudah dipersiapkan dan sudah jadi dan hanya tinggal menyelesaikan proses kreatifnya.

Bukti-bukti tersebut makin memperkuat bahwa Chouchou Musubi adalah lagu reject yang mungkin tadinya akan digunakan untuk Kimi no Na wa, dan akhirnya bisa dibuat menjual dengan menggunakan embel-embel kolaborasi dengan Aimer. Yah, tapi lagunya enak kok, jadi dinikmati saja ya. Tulisan ini cuma sekedar opini saja, benar atau tidaknya hanya Radwimps yang tahu.

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.