Studio KyoAni Dibakar Seorang Pria, Setidaknya 10 Orang Dinyatakan Tewas

Pagi ini, para penggemar anime di Jepang maupun di luar Jepang, dan maupun bukan penggemar anime, dihebohkan dengan berita studio Kyoto Animation (KyoAni) yang terbakar. Yang membuat berita ini lebih heboh, ternyata kebakaran ini bukan disebabkan oleh kecelakaan, namun karena ada oknum yang sengaja membakar gedung KyoAni tersebut. Pelaku saat ini sudah tertangkap, dan sejauh ini telah dikonfirmasi bahwa pelakunya bukan pegawai maupun mantan pegawai KyoAni. Diketahui bahwa pelaku adalah seorang pria yang kira-kira berusia 41 tahun.

Awal terjadinya kebakaran, diduga ada 30 an orang atau pegawai dalam gedung yang terluka dan cedera, namun update berita terbaru menyebutkan bahwa telah dikonfirmasi setidaknya ada 10 hingga 12 orang yang di gedung lantai 2 yang dinyatakan telah tewas akibat kebakaran tersebut.

Banyak pihak tentu saja yang prihatin dengan kejadian ini, dan salah satunya adalah distributor anime di luar Jepang yaitu Sentai Filmworks, yang akhirnya menggalang dana crowdfunding di Gofundme yang linknya bisa kamu akses di sini. KyoAni sendiri banyak memproduksi anime berkualitas yang meledak di pasaran, seperti K-ON!, Hibike Euphonium, Nichijou, Violet Evergarden, dan sebagainya. Turut berduka atas kejadian yang menimpa KyoAni dan juga keluarga yang ditinggalkan akibat meninggalnya korban.

Comments

comments

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.