Segini Kira-Kira Biaya Produksi Satu Season Anime

anime industry

Mungkin banyak diantara kalian yang sudah lama menjadi penggemar anime. Namun tahukah kamu kira-kira biaya produksi untuk satu season anime? Meskipun jauh di bawah budget dari film Hollywood tentu saja, namun biaya memproduksi anime juga sangat mahal. Tentu saja dalam pembuatan anime,seperti dalam bisnis entertainment lainnya, selalu harus diperhitungkan bahwa pendapatannya akan melebihi biaya yang dikeluarkan.

anime industry

Menurut Masamune Sakaki, seorang CG creator di industri anime, untuk 13 episode anime menghabiskan sekitar 250 juta Yen. Dia juga mengatakan bahwa tidak selamanya anime bisa menanggung biaya ini, yang pada akhirnya berharap bahwa mereka akan memproduksi anime yang lalu meledak di pasaran. Takayuki Nagatani, produser dari Shirobako, mengatakan bahwa biaya pembuatan anime tersebut mencapai 500 juta Yen untuk 24 episode. Tidak cukup dengan itu, agar animenya menjual, dia juga harus membuat iklan promosi, event, dan merchandise.

Sedangkan Shinji Takamatsu, seorang animator veteran, mengatakan bahwa jika sebuah anime hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan cd nya, maka akan sangat sulit. Namun kenyataannya, itulah yang dilakukan oleh semua anime yang tayang tengah malam.

Source: ANN

Comments

comments

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.