Larut Dalam Alunan Merdu di Konser Rie Fu

rie fu in jakarta

Setelah sekian lama Rie Fu ingin datang konser di Indonesia, akhirnya keinginan tersebut terwujud lewat konser yang diselenggarakan oleh KONSAATO pada hari Sabtu tanggal 7 November 2015 kemarin. Bertempat di Yamaha Music Auditorium, konser tersebut berlangsung begitu intim dan begitu berbeda dibandingkan konser artis Jepang yang datang ke Indonesia biasanya. Sebelum konser berlangsung, tim Nekonoto terlebih dahulu mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Rie Fu dalam press conference.

rie fu in jakarta

Sebelum konser di Indonesia, Rie Fu juga menyempatkan diri untuk belajar tentang lagu Indonesia, sejarah Indonesia, dan juga relasi Indonesia dengan Jepang. Rie Fu yang sangat fasih berbahasa Inggris ini juga berkata bahwa lagu sudah menjadi bagian dalam hidupnya.

rie fu in jakarta

Konser dimulai pada pukul 6 sore. Setelah memberi salam pada penonton, Rie Fu duduk memainkan piano yang mengiringi lagu pembukanya, yaitu 2cm. Konser berlangsung begitu intim dan hening, para penonton pun terlarut oleh lagu dan musik yang dimainkan oleh Rie Fu. Suara merdu Rie Fu diiringi oleh suara piano yang indah memenuhi seluruh isi ruangan. Setelah lagu selesai, para penonton lalu memberi tepuk tangan, khas suasana konser musik klasik. Rie Fu kembali melanjutkan dengan lagu berikutnya, yaitu 5000 Miles dan For You. Rie Fu juga membawakan lagu penutup anime D.Gray-man yang berjudul Anata ga koko ni iru Riyuu.

rie fu in jakarta

Setelah membawakan lagu Anata ga koko ni iru Riyuu, Rie Fu berdiri dan berganti instrumen, dari piano menjadi gitar akustik. Rie Fu kembali menyapa penonton dan berkata bahwa dia akan menyanyikan lagu lamanya, yang berjudul decay. Rie Fu juga membawakan lagu ending anime Gundam SEED Destiny yang berjudul I Wanna go to a Place. Rie Fu pun kembali menyapa para penonton yang hadir, dan berterimakasih. “Terima kasih telah meluangkan waktu bersama saya.” ucap Rie Fu dengan agak terbata-bata, dan disambut hangat oleh seluruh penonton yang hadir. Di situ, Rie Fu mengajak para penonton untuk membuat video musik dan memasang kamera pada gitarnya, di mana ketika dia membawakan lagu Dreams be, Rie Fu sesekali mengarahkan kamera pada penonton dan meminta mereka untuk melambaikan tangan.

rie fu in jakarta

rie fu in jakarta

Rie Fu kembali memainkan piano, dan memulainya dengan membawakan lagu penutup anime Darker Than Black, yang berjudul TSUKIAKARI. Di sini para penonton sudah mulai menyatu dengan atmosfer yang ada, dan ikut bernyanyi bersama. Rie Fu sangat senang dan berterimakasih atas sambutan hangat dan juga pada para penonton yang ikut bernyanyi bersama. Konser dilanjutkan dengan lagu Present. Sebelum mulai menyanyi, Rie Fu berkata bahwa ini adalah lagu hadiah darinya untuk semua penonton yang hadir. “Present ini adalah lagu yang saya bawakan untuk kalian semua yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di sini, terimakasih.”.

rie fu in jakarta

Rie Fu juga membawakan lagu yang berjudul Singapore, karena memang sejak tahun 2014, Rie Fu tinggal di Singapura. “Ini adalah lagu tentang Singapura, dan setelah ini saya juga akan menulis lagu tentang Jakarta.”, ujarnya yang langsung disambut tawa hangat seisi ruangan. Sebelum mulai bernyanyi, Rie Fu juga bertanya apakah lagu ini ingin dibawakan dengan bahasa Inggris atau bahasa Jepang, di mana akhirnya lagu ini dibawakan dengan campuran bahasa Inggris dan Jepang.

Di akhir, Rie Fu lalu membawakan lagu yang mungkin paling dikenal oleh penggemarnya di Indonesia dan juga lagu terakhir untuk konser ini, yaitu Life is Like a Boat, yang juga merupakan lagu penutup dari anime Bleach. Semua setlist yang dibawakan hari ini merupakan request dari para penggemarnya di social media seperti Facebook. Di sini, para penonton dengan antusias ikut bernyanyi bersama dengan Rie Fu, yang juga memuji betapa bagusnya bahasa Jepang yang diucapkan oleh penonton. Setelah selesai membawakan lagu terakhirnya, Rie Fu kembali ke backstage, namun muncul tak lama setelah para penonton memberi tepuk tangan menginginkan encore. Rie Fu lalu keluar, dan membawakan lagu terakhirnya yaitu I Met You, yang juga disebutkan Rie Fu sebagai lagu favoritnya dalam press conference. Setelah selesai, tepuk tangan pun memenuhi seluruh ruangan, dan konser akhirnya selesai. Berikut ini setlist yang dibawakan dalam konser Rie Fu Sabtu kemarin:

1. 2cm

2. 5000 Miles

3. For You

4. Until I Say

5. Anataga kokoniiru Riyuu

6. decay

7. Tiny Tiny Melody

8. Let it Curl

9. I Wanna go to a Place…

10. Dreams be

11. TSUKIAKARI

12. Present

13. Singapore

14. Butterfly

15. Romantic

16. Life is Like a Boat

– ENCORE –

17. I Met You

rie fu in jakarta

Lalu dilanjutkan dengan sesi meet and greet bagi yang sudah membeli album Rie Fu yang dijual di lokasi konser. Rie Fu juga mengatakan bahwa Ia sangat ingin konser di belahan lain Indonesia, karena tahu bahwa Indonesia itu sangat luas. Di akhir, Rie Fu memberi pesan pada para penonton yang sudah hadir, yaitu rasa terimakasih karena telah meluangkan waktu sejenak untuk hadir dalam konsernya.

 

Photo credit by KONSAATO

Comments

comments

Related Post

Anime enthusiast. Dreaming of living the dream through anime world. Originally (and still) a Graphic Designer. Very passionate to work in media industry and meet her idol directly.